Kuesioner Pengguna Lulusan

Dengan Hormat


Teriring salam dan doa semoga anda senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan memperoleh umpan balik terhadap lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB), maka perlu dilakukan User Study kepada pengguna lulusan IPB. User study dilakukan oleh Direktorat  Hubungan Alumni (DKHA) IPB. Kami sangat mengharapkan partisipasi Anda untuk dapat mengisi kuesioner di bawah ini. Tidak ada jawaban yang benar atau salah dalam pengisian kuesioner ini. Kuesioner ini bersifat sangat rahasia dan digunakan untuk perbaikan lulusan IPB ke depan secara berkelanjutan (continuous improvement). Jawaban dari anda akan diolah secara agregat sehingga informasi setiap responden tidak akan diketahui. Selanjutnya data akan diolah dan dianalisis secara deskriptif. Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan partisipasi Anda.

Hormat Kami,
Tim User Study IPB
R. Khairunnisa S.Sos., M.M. (rkhairunnisa@apps.ipb.ac.id)
Dini Shintawati, S.M. (dinisw@apps.ipb.ac.id) d/a.
Direktorat Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB (DKHA IPB)
Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lt. 1 Kampus IPB Darmaga, Bogor
Telp/Fax : 0251-8625350/8625350; +62 822-8888-9594
E-mail : dha@apps.ipb.ac.id
Web : dha.ipb.ac.id

Identitas Responden


A B
Sangat Penting Sangat Tidak Penting Sangat Puas Sangat Tidak Puas
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
Kemampuan penelitian terapan
Asuhan gizi
Pengelolaan masalah gizi masyarakat
Manajemen Penyelenggaraan Makanan (MPM)
A B
Sangat Penting Sangat Tidak Penting Sangat Puas Sangat Tidak Puas
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
Kepedulian terhadap K3L
Kompetensi Keinsinyuran
rr
A B
Sangat Penting Sangat Tidak Penting Sangat Puas Sangat Tidak Puas
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1.Kemampuan dalam transaksi therapeutik, melakukan anamnese, rekam medik, persetujuan tindakan medik (informed consent), penulisan resep, surat keterangan dokter, dan edukasi klien.
2. Kemampuan manajemen pengendalian dan penanggulangan penyakit strategis dan zoonosis, keamanan hayati (biosecurity-biosafety), serta pengendalian lingkungan.
3. Keterampilan dalam melakukan:
    a. Diagnosis klinik, laboratorik, patologik, dan epidemiologik penyakit hewan
     b. penyusunan nutrisi untuk kesehatan dan gangguan medik
     c. pemeriksaan antemortem dan postmortem
    d. pemeriksaan kebuntingan, penanganan gangguan reproduksi dan aplikasi teknologi reproduksi
    e. pengawasan keamanan dan mutu produk hewan.
    f. pengawasan dan pengendalian mutu obat hewan dan bahan-bahan biologis, termasuk pemakaian dan peredarannya.
    g. pengukuran (assesment) dan penyeliaan kesejahteraan hewan
4. Keterampilan dalam menangani sejumlah penyakit pada hewan besar, hewan kecil, unggas, hewan eksotik, satwa liar, satwa aquatik dan hewan laboratorium.
5. Keterampilan melakukan tindakan medis yang lege-artis.
6. Pemahaman dasar-dasar pengetahuan analisis risiko, analisis ekonomi veteriner dan jiwa kewirausahaan
7. Wawasan di bidang sistem kesehatan hewan nasional dan legislasi veteriner.
8. Wawasan etika veteriner dan pemahaman terhadap hakikat sumpah dan kode etik profesi serta acuan dasar profesi kedokteran hewan
A B
Sangat Penting Sangat Tidak Penting Sangat Puas Sangat Tidak Puas
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
Etika
Keahlian Berdasarkan Bidang Ilmu
Kemampuan Bahasa Asing (Bahasa Inggris)
Penggunaan Teknologi Informasi
Komunikasi
Kerja sama tim
Pengembangan Diri

Tambah
Kriteria Sangat Penting Penting Cukup Penting Tidak Penting Sangat Tidak Penting
koordinasi dalam hal evaluasi dan penyusunan kurikulum bersama antara lembaga pendidikan dan perusahaan /instansi
Kesesuaian kurikulum dengan perkembangan industri
Ketepatan porsi materi hardskill (pengetahuan dan kecerdasan) dan softskill (kecerdasan emosional)
Evaluasi hasil praktek kerja/magang dilakukan secara bersamaan antara pihak lembaga pendidikan dengan perusahaan/instansi yang menjadi tempat praktek kerja/magang